GUBERNUR MENGHADIRI SOSIALISASI KOSTRATANI PROVINSI BANTEN

Sumber Gambar :

Serang-Gubernur Banten Wahidin Halim menghadiri sosialisasi Komando  Srtategi Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) Provinsi Banten di Gedung plaza aspirasi, KP3B,Curug-Kota Serang,Kamis,23/01/2020.

 

Kostratani adalah Pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan,yang merupakan optimalisasi tugas,fungsi dan  peran Balai penyulu pertanian (BPP) dengan memanfaatkan  IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan Nasional.

 

Dalam arahanya Gubernur mengharapkan semua hasil pertanian di banten untuk di berikan label atau merek banten, karna banten ini memiiliki banyak hasil pertania  yang melimpah, namun hasilnya di jual keluar banten dengan harga yang tidak sesuai, untuk itu kedepan kita akan membangun BUMD untuk menampung hasil pertanian di banten dengan harga yang sesuai. 

 

Gubernur tidak ingin hasil pertanian  di Banten langsung dibawa ke Jakarta,tetapi akan di beli oleh BUMD, kita anggarain 350 miliar untuk BUMD agrobisnis, dengan BUMD ini kita akan beli hasil pertanian dari petani,pada saat sulit kita bantu modalnya dan pada saat panen kita beli dengan harga standar.  

 

Untuk itu mudah-mudahan dengan adanya Kostratani tidak hanya meningkatkan pertanian tetapi juga mampu untuk mengatasi pemasaran dari hasil pertanian,jangan sampai hasil pertanian kita meningkat tetapi untuk penjualan kita bergantung kepada makelar-makelar,Ujar Gubernur.

 

Selain itu kita juga akan menanam pohon jengol sekitar 1000 hektar di daerah lebak, padi gogo 100 hektar  dan kopi 100 hektar .Dalam hal pertanian ini, saya tidak ingin main-main,wujudkan,ini bukan mimpi tetapi ini semangat untuk menjadikan banten sebagai daerah yang memproduksi pertanian,yang tidak kalah dengan tempat lain,tegas Gubernur.

 

Pertanian akan kita dukung yaitu dengan pembangunan infrastruktur jalan untuk menunjang pertanian di banten,mari kita tingkatkankan produksi pertanian dan banten tidak kalah dengan daerah lain., saya wakapkan,saya abdikan diri  saya untuk banten,untuk banten luar biasa,Ujar Gubernur.

 

Gubenernur menambahkan Untuk menunjang pertanian di Banten jalan-jalan milik Provinsi sudah saya cor semua,tinggal 4 Km yang di citorek karena ada longsor tetapi akan saya perbaiki tahun ini,begitu pula dengan pembangunan sekolah sudah 80 peresen kita laksanakan,kita naikan honor guru daro 400 ribu sekarang sudah 3 juta lebih,saya bangun sekolah SMA dan kita gratiskan,begitupula dengan pembangunan kesehatan,kita bangun rumah sakit salah satunya di cilonggrang.

 

Dalam laporanya kepala dinas pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid mengatakan Kostratani berkedudukan di tingkat kecamatan dengan lokasi komando berada di BPP dan kepala komando adalah Camat. Di tingkat Kabupaten, komando strategis ini bernama Kostra Daerah (Kostrada) dengan kepala komando adalah Bupati. Sedangkan Kostra Wilayah (Kostrawil) yang berkedudukan di Provinsi dengan kepala komando adalah Gubernur. Sedangkan secara nasional, pergerakan Komando Strategis ini dikomandani oleh Menteri Pertanian

 

Pasukan kostratani dianataranya  penyuluh pertanian,Pengendali organiseme tanaman,pengawas benih tanaman,anggota kapoktan,pengawas bibit ternak,analis pasar hasil pertanian,analis ketahanan pangan dan penagawas alat dan mesin pertanian (alsintan).


Share this Post