GUERNUR MENJADI NARASUMBER STUDIUM GENERALE PROGRAM MAGISTER DAN DOKTOR DI UIN

Sumber Gambar :

Gubernur Banten Wahidin Halim menjadi narasumber pada studium generale program magister dan doktor pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten di Kampus UIN SMHB, Ciceri, Kota serang, Sabtu,15/02/2020.

 

Materi  yang disampaikan Gubernur yaitu tentang Sinergitas pemerintah Daerah dan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam serta sumber daya manusia Banten.

 

Gubernur mengatakan dalam RPJMD Provinsi Banten salah satu program prioritasnya  yaitu pendidikan.provinsi Banten terus berupaya meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan yang berkualitas.

 

Dalam aturan ada pembagian keweangan yaitu untuk SMA/SMK tanggungjawab Provinsi,untuk SD dan SMP tanggungjawab Kabupaten/Kota sedangkan untuk perguruan tinggi tanggung jawab pemerintah pusat.Otonomi daerah memberikan kewenangan dan kesempatan segala urusan kepada daerah tetapi masih dipilah-pilah sesuai dengan kewenangannya.sehingga apabila Provinsi ingin memberikan bantuan kepada yang bukan kewenangan Provinsi maka bentuknya hibah,berbeda dengan kewenangan Provinsi itu bukan hibah tetapi tanggungjawab sepenuhnya oleh Provinsi , tegas Gubernur.

 

Sekolah sanawiyah dan aliyah adalah kewenangan kementerian agama,apabila kita mengangarkan untuk sekolah sanawiyah dan aliyah tidak boleh karena tida ada pagunya,apabila ini diserahkan kewenangantya kepada Provinsi saya jamin,akan saya kelola  dengan baik,Ujar Gubernur.

 

 Sementara dalam sambutanya Rektor UIN SMHB Fauzul Iman mengatakan Studium generale Pascasarjan  ini di ikuti oleh 101 peserta dari Pascasarjan  dan Doktor,saya yakin semua ini memilki niat yang tulus untuk belajar untuk menjadi sarjana-sarjana yang kompenten dan bermanfaat di tengah-tengah masyrakat terutama kaitanya dengan membangun masyarakat banten.

 

Mudah mudahan sarjana ini bisa menghasilkan teori yang tidak hanya belaku kepada sarjana yang bersangkutan tetapi bisa bersinergitas dengan pemerintah Daerah.


Share this Post