Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Apresiasi Pemahaman Menu Sehat Ibu-ibu Kota Tangerang

Sumber Gambar :

Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Apresiasi Pemahaman Menu Sehat Ibu-ibu Kota Tangerang 

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar optimis penanganan stunting di Kota Tangerang capai target. Menurutnya TP PKK Kota Tangerang telah melakukan berbagai inovasi dan edukasi yang cukup baik kepada masyarakat.

Menurut Tine, ibu-ibu dengan bayi bawah dua tahun (baduta) paham setelah mengikuti edukasi menu sehat bergizi dan seimbang. Hal itu dibuktikan setelah dirinya melihat ibu-ibu mempraktekkan mengambil menu makan sehat bergizi dan seimbang bagi baduta.

"Dalam praktik, ibu-ibu di Kota Tangerang sudah paham 100 persen, mengambil menu makanannya sudah tepat," ungkapnya.

Dijelaskan Tine, dalam edukasi menu sehat bergizi dan seimbang, diperkenalkan sumber karbohidrat, sumber protein hewani dan nabati, serta sumber nutrisi lainnya dari sayur dan buah. Menu-menu makanan yang sehat bergizi dan seimbang dengan harga terjangkau atau murah. Berbasis makanan di rumah. Agar lebih menjiwai atau terinternalisasi, proses penyampaian materi juga disampaikan melalui metode permainan.

"Edukasi dalam tataran konsep dilanjutkan ke praktik," ungkapnya.

"Pemberian nutrisi pada anak stunting itu bisa dilakukan secara mudah dan murah. Berbasis pada makanan yang ada di keluarga," tambah Tine.

Masih menurut Tine, ibu-ibu tinggal memperhatikan, komposisinya, porsinya, teksturnya, serta frekuensinya.

Sementara Ketua TP PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah penanganan stunting perlu kerjasama yang baik antara para kader PKK yang keliling dengan para orang tua baduta.

"Orang tua bayi harus kooperatif dan terbuka sakitnya apa, anak maunya seperti apa. Mereka harus menerima juga sosialisasi dan edukasi kita," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ibu baduta Eka Novitasari (36 tahun) dari Kelurahan Cipadu yang mengikuti edukasi baduta mengaku sangat senang karena mendapat pengetahuan dalam perawatan anak baduta.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan kepada ibu hamil, ibu baduta, benih ikan lele, serta bibit pohon kelor, pemeriksaan ibu hamil, edukasi baduta, edukasi menu makanan sehat yang bergizi dan seimbang, serta pelatihan pengisian data e-dasawisma kepada kader PKK Kota Tangerang. Acara diikuti oleh 26 ibu hamil, 50 ibu baduta, dan kader PKK Kota Tangerang

Serang, 19 Juni 2023 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post