Munas V Tahun 2024, DWP Provinsi Banten Dorong Peran Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Guna Capai Indonesia Emas 2045

Sumber Gambar :

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Banten Tine Al Muktabar mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) V DWP tahun 2024 di Birawa Assembly Hall Bidakara, Jl Gatot Subroto Kav.71-73, Menteng Dalam, Jakarta Selatan pada Kamis (19/9/2024).

Tine mengatakan, Munas DWP merupakan forum tertinggi organisasi di tingkat nasional yang diselenggarakan lima tahun sekali untuk membahas terkait dengan rencana strategis dan program DWP ke depan.

"Tadi telah dibahas mengenai rencana strategis dan program kerja DWP kedepan. Kita harus memiliki transformasi keorganisasian agar memiliki kapasitas anggota DWP yang unggul dan mendukung peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat pada aspek pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi," katanya.

Selanjutnya, Tine menyampaikan untuk bidang pendidikan, DWP Provinsi Banten mendorong peningkatan peran dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Jadi selain mendorong pencegahan kekerasan kepada perempuan dan anak, kita juga ingin ada peningkatan kapasitas keluarga dalam optimalisasi perkembangan tumbuh kembang anak," katanya.

Kemudian, kata Tine, dalam pengembangan sosial budaya. Pihaknya juga mendorong program budaya hidup sehat.

"Dan untuk di Provinsi Banten, kita sudah meluncurkan program budaya sehat dengan aktivitas yang sehat. Seperti senam sehat dan kegiatan lainnya," imbuhnya.

"Semoga ini bisa diusulkan menjadi program nasional," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Tine juga berharap rencana strategis dan program DWP dapat mengedepankan pembangunan berkelanjutan. Sehingga program-program yang telah memberikan dampak positif mampu dilanjutkan dan dikembangkan.

'"Ada tiga ranah yang kita utamakan, aspek pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya," jelasnya.

Sementara, Ketua Umum DWP Pusat Franka Makarim menuturkan Munas V DWP Tahun 2024 diharapkan mampu mengingatkan terkait pentingnya menguatkan fondasi organisasi sebagai bekal berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Mari kita sukseskan Munas ini sebagai bekal penguatan fondasi transformasi. Sehingga ke depannya organisasi ini dapat optimal menjalankan perannya," pungkasnya.

Diketahui, Munas V DWP Tahun 2024 mengusung tema 'Penguatan Fondasi Transformasi Organisasi DWP Menuju Indonesia Emas 2045'. Dalam kegiatan Munas itu juga di selenggarakan Seminar Nasional dan pameran UMKM dari UMKM dibawah binaan DWP.

Munas V DWP Tahun 2024 diikuti DWP Instansi Pemerintah Pusat dan DWP tingkat Provinsi seluruh Indonesia.

Serang, 19 September 2024 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post