Pemprov Banten Harapkan Pilkada 2024 Tertib, Lancar, dan Aman

Sumber Gambar :

Pemerintah Provinsi Banten harapkan masyarakat melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 secara lancar, tertib dan aman. Hal itu dikatakan Pj Gubernur Banten Al Muktabar dalam sambutannya yang diwakilkan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Komari pada acara Semarak Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (31/8/2024).

"Kami sangat berharap partisipasi masyarakat dalam Pemilukada 2024 berjalan lanjacar tertib, dan aman,” ucap Komari.

Dikatakan, momentum kegiatan yang dihadiri seluruh unsur masyarakat, instansi penyelenggara pemilu, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) se Provinsi Banten ini, Pemerintah Provinsi Banten juga mengajak bekerja bersama-sama dalam menjaga stabilitas daerah dalam pelaksanaan Pemilukada 2024.

"Di sejumlah wilayah yg dipetakan rawan dalam Pilkada 2024 di Banten bisa diatasi dengan bekerja sama yang baik, seluruh unsur penyelenggara Pilkada termasuk dengan masyarakat dalam pengawasannya. Insya Allah penyelenggaran Pilkada di Banten akan lancar dan sukses,” tambahnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Rahmat Bagja mengatakan dalam pengawasan Pemilihan Umum Kepala Daerah terdapat dua hal yang benar-benar harus dijalankan secara konsisten oleh Bawaslu bersama Panwascam dan PKD yaitu mencegah dan menindak terjadinya pelanggaran Pemilukada serentak 2024.

"Tugas kita sebagai pengawasan ada dua hal yaitu mencegah dan menindak. Saya ucapkan selamat bertugas, selamat mengawasi. Bersama rakyat kita awasi pemilu dan bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan Pemilu," tegasnya.

Di kesempatan itu, dirinya mengimbau kepada seluruh Panwascam dan TKD se Provinsi Banten bahwa daerah Provinsi Banten yang menjadi titik rawan pemilu yaitu daerah yang lebih dari tiga calon Kepala Daerah sehingga para Panitia Pengawas baik Kecamatan maupun Kelurahan/Desa untuk dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi agar pengalaman Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang pernah terjadi sebelumnya tidak terulang kembali.  

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten Ali Faisal mengatakan kegiatan Semarak Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 ini dirangkaikan dengan jalan sehat yang dimulai dari Kantor Bawaslu Provinsi Banten dan berakhir di Alun-alun Barat Kota Serang, serta dilanjutkan dengan Lounching pengawasan bersama seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam dan TKD se Provinsi Banten.

"Jadi hari ini kita berkumpul dalam rangka silaturahmi dan menyampaikan kepada publik bahwa kesiapan Bawaslu dalam menyelenggarakan Pemilukada serentak 2024 di Provinsi Banten sekaligus kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan-tahapan yang sedang dan akan dilakukan Bawaslu terhadap penyelenggaraan Pemilukada," ungkapnya.

Di kesempatan itu, Ali juga menekankan kepada seluruh Panwascam dan TKD se Provinsi Banten untuk menjaga netralitas dan tetap independen.

Serang, 31 Agustus 2024 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post