Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Bank Banten Harus Dukung Koperasi dan UMKM

Sumber Gambar :

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Bank Banten sebagai lembaga keuangan milik Pemerintah Provinsi Banten terlibat aktif dalam upaya pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satunya melalui peningkatan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu diungkap Al Muktabar saat meninjau stand Bank Banten pada Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 tingkat Provinsi Banten yang dilaksanakan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Jl Syech Nawawi Al Bantani, Bogeg, Kota Serang, Jumat (13/9/2024).

Al Muktabar mengungkapkan, Bank Banten sebagai lembaga keuangan milik Pemerintah Provinsi Banten. Harus bisa terlibat aktif dalam upaya pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunya melalui peningkatan Koperasi dan UMKM.

"Agar itu bisa terwujud, ke depan nanti kantor Bank Banten akan kita satukan di sini. Karena PLUT ini akan kita jadikan sebagai pusat pertumbuhan Koperasi dan UMKM," katanya.

Dengan sudah berada pada satu kawasan, diharapkan ekosistem usaha keduanya bisa lebih meningkat dan tumbuh dengan cepat. Bila perlu nanti kita akan perluas area PLUT ini untuk menampung lebih banyak lagi Koperasi dan UMKM. 

"Kawasan ini akan kita jadikan pusat aktivitas Koperasi dan UMKM. Bank Banten sebagai lembaga penyalur keuangan akan kita hadirkan di dalamnya sebagai penunjang utama," jelasnya. 

Dikatakan Al Muktabar, saat ini posisi Bank Banten sudah begitu kuat. Beberapa Kas Daerah (Kasda) Pemda juga sudah di Bank Banten. Sehingga line money market-nya akan menyasar lebih luas. Selain itu, Bank Banten juga sedang melakukan KUB dengan Bank Jatim. 

"Dengan sistem perbankan ini kita akan meningkatkan berbagai hal yang memerlukan pembiayaan dan permodalan," tuturnya.

Sebagai informasi, dalam peringatan Hari Koperasi ke-77 itu panitia juga menghadirkan puluhan UMKM makanan atau kuliner, produk kerajinan tangan, serta produk-produk olahan lainnya.

Serang, 13 September 2024 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post