Pj Gubernur Banten Al Muktabar Raih Tokoh Pemberdayaan Masyarakat 2024

Sumber Gambar :

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meraih Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2024 kategori Pemberdayaan Masyarakat yang diberikan oleh Tempo Media Group, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam. Sebagai wujud penghargaan terhadap kontribusi para tokoh bagi pembangunan negeri dan masyarakat.

"Kita bersyukur dan terima kasih kepada Tempo atas penganugrahannya," ungkap Al Muktabar.

Dikatakan, dalam melakukan pemberdayaan masyarakat terdapat beberapa kunci utama, pertama dengan pendekatan charity, lalu kedua mulai mengintensifkan untuk maayarakat berdaya pada tingkatan keluarga.

"Kita mendorong kemampuan secara kelompok untuk mereka semakin kuat keseluruhannya dalam rangka makin berdaya," katanya.

Dalam pemberdayaan masyarakat, jelas Al Muktabar, Pemprov Banten juga mendorong kelompok masyarakat dengan berbagai komponennya agar mampu membentuk ekosistem dalam pemberdayaan bersama ke depannya.

"Di Provinsi Banten selalu mendorong pemberdayaan masyarakat dengan berbagai basis, untuk di bagian Banten Utara pemberdayaan masyarakat pada sektor terkait dengan jasa dan didukung platform digital," imbuhnya.

Untuk bagian Banten Selatan, kata Al Muktabar, dikembangkan dengan pemberdayaan basis agro dan daya dukung lainnya. Sehingga pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh dengan mengoptimalkan potensi yang ada. 

"Mudah-mudahan ini kita akan dorong untuk masyarakat Banten semakin sejahtera, pemberdayaan menjadi kata kunci dalam rangka bagi masyarakat makin bisa mengakses potensi yang ada di Provinsi Banten," jelasnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir berharap kegiatan itu dapat menjadi sarana dalam berbagai pengetahuan terkait pelaksana tugas di wilayahnya masing-masing.

"Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2024 ini menjadi penting, dalam memberikan pengakuan terhadap individu-individu yang telah berkontribusi secara nyata dalam membangun bangsa. Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi generasi muda, generasi penerus untuk mengembangkan diri, serta berperan aktif dalam memajukan berbagai bidang kehidupan di Indonesia," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk Arif Zulkifli menuturkan, apresiasi kepala daerah atau tokoh nasional ini telah diselenggarakan secara berkala oleh Tempo.

"Apresiasi kepala daerah atau tokoh nasional sudah dilakukan secara berkala," pungkasnya.

Sebagai informasi, Apresiasi Tokoh Indonesia merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Tempo sebagai wujud penghargaan terhadap kontribusi para tokoh bagi pembangunan negeri dan masyarakat. 

Dalam proses penilaiannya, Tempo melakukan monitoring dari berbagai media, baik media nasional, media lokal, media sosial, dan sebagainya. Tempo juga melibatkan juri yang terdiri dari para ahli, akademisi, serta tokoh yang berkonsentrasi di bidangnya masing-masing.

Serang, 11 September 2024 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post