Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Dampingi Tim Provinsi Banten  Dalam Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024

Sumber Gambar :

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar sebagai Pelindung Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Pengurus Provinsi (Pengprov) Banten mendampingi Tim Provinsi Banten dalam Lomba Nasional Senam Kreasi Ibu Negara 2024 di Hall A Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (17/7/2024). Kali ini, Tim Provinsi Banten diwakili oleh Tim Senam Kreasi Kabupaten Serang "Galaxy Squad Banten" yang merupakan juara pertama seleksi tingkat Provinsi Banten.

“Kegiatan Perwosi hari ini, Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara berlangsung setiap tahun dan sudah tahun ketiga,” ucapnya.

“Provinsi Banten mengikutkan satu tim untuk memeriahkan kegiatan ini,” tambahnya.

Dikatakan, dirinya juga menghadiri Rakernas Perwosi 2024 sebagai perwakilan Perwosi Pengprov Banten. Rakernas merupakan rangkaian awal dari Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024. Rakernas menghasilkan putusan Perwosi membina olahraga anak-anak, wanita, dan lansia. 

“Kita juga sampaikan bahwa Provinsi Banten telah menginisiasi senam untuk lansia yang dikeluarkan bersama Perwosi, PKK, Posyandu, dan Fakultas Kedokteran Indonesia,” ungkap Tine.

“Mudah-mudahan ini memberi warna olahraga lansia di Indonesia,” tambahnya.

Tine berharap, melalui kepesertaan dalam Lomba Kreasi Piala Ibu Negara, bisa memberikan kontribusi wanita dalam menggalakkan senam atau olahraga di kalangan masyarakat. Perempuan-perempuan yang menjadi penggerak di keluarganya.

“Perempuan yang berminat olahraga akan menciptakan ketahanan keluarganya. Juga akan berdampak pada kebahagiaan keluarganya. Salah satu misinya adalah bagaimana menggerakkan perempuan agar bisa berdampak sampai rumah tangga,” jelasnya.

Dikatakan, Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 turut menjadi kesempatan dalam memperkenalkan wastra dan hasil kerajinan Provinsi Banten. Saat tampil, Tim Provinsi Banten mengkreasikan baju olahraga dengan pernik dan hiasan wastra dan kerajinan Provinsi Banten.

“Dalam kostum olahraga kita tidak lupa menonjolkan etnik-etnik atau wastra-wastra Provinsi Banten. Kita tonjolkan motif batik tapak kebo yang merupakan khas dari Provinsi Banten,” ungkap Tine.

“Mudah-mudahan ini bisa juga dilihat oleh seluruh nusantara bahwa batik Banten itu memiliki corak dan kualitas yang baik,” tambahnya.

Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 dibuka oleh Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin. Tampak hadir para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini secara resmi saya mulai Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024," ucap Iriana dan Wury secara bersama-sama.

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Tri Tito Karnavian menjelaskan bahwa lomba senam kreasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh OASE. Kali ini, OASE juga bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Perwosi.

"Lomba senam kreasi Piala Ibu Negara ini adalah kegiatan rutin dari OASE KIM yang bekerjasama dengan Kemenpora dan Perwosi. Piala Ibu Negara ini diperebutkan tiap tahun dan ini sudah berlangsung yang ketiga kali," ungkapnya.

Dikatakan, tahun ini Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara mengusung tema "Senam Kreasi Wujud Semangat dan Kreativitas Olahraga Perempuan Indonesia, Keluarga Indonesia Sehat." Diikuti oleh 46 tim yang berasal dari 34 provinsi. 

"Mereka sudah melalui seleksi dari setiap Provinsi. Senam kreasi ini menampilkan gerakan-gerakan yang diiringi musik ada unsur daerahnya," ucap Tri.

Dikatakan, OASE KIM dan Perwosi selaku penyelenggara berharap peserta bisa menampilkan kearifan lokal dari masing-masing daerah. Dapat menumbuhkan semangat olahraga di kalangan masyarakat, khususnya perempuan.

Serang, 17 Juli 2024 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post