Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti: Pembentukan Karakter Kepemimpinan Penting

Sumber Gambar :

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, pembentukan karakter kepemimpinan sangat penting. Karakter yang diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi isu strategis di Provinsi Banten.

Demikian disampaikan Virgojanti usai mengisi materi Isu Startegis dan Kepemimpinan Pelayanan Publik pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan XIII, XIV, XV, dan XVI di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten Tahun 2024 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Jl. AMD Lintas Timur No. 6, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Kamis (12/9/2024).

"Tadi saya memberikan materi terkait dengan isu strategis dan kepemimpinan pelayanan publik, tentunya ini sangat berkaitan sekali bagaimana peran seorang pemimpin dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi isu strategis saat ini di Provinsi Banten," ungkap Virgojanti.

Selanjutnya, Virgojanti menuturkan dalam mengatasi berbagai permasalahan, perencanaan, dan evaluasi. Tentunya dibutuhkan karakter kepemimpinan yang kuat dan memiliki etos kerja yang tinggi.

"Kita punya isu terkait dengan kebencanaan, kesehatan, sumber daya manusia, infrastruktur, ekonomi dan lainnya. Ini membutuhkan satu penyelesaian dan hal itu tentunya tidak terlepas dari layanan publik, maka harus dapat kita siapkan dengan baik," katanya.

Selain itu, Virgojanti menyampaikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tugas dalam melayani pelayanan publik dengan baik, sehingga diharapkan memiliki motivasi dan kemampuan dalam mengoptimalkan pelayanan publik.

"Karakter kepemimpinan itu tidak bisa seketika. Maka pembentukan karakter seorang pemimpin itu kan harus disiapkan dan perlu kita perkenalkan dan berikan satu pemahaman," imbuhnya.

"Ini menjadi penting dan memang harus dibentuk, harus dipersiapkan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan integritas," pungkas Virgojanti.

Sementara dalam laporannya, Kepala BPSDMD Provinsi Banten Untung Saritomo mengatakan, diklat kepemimpinan pengawasan bertujuan untuk  mengembangkan kompetensi pengawas. Diklat diikuti oleh 140 orang peserta dari Pemprov Banten dan pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Serang, 12 September 2024 Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Ttd

Beni Ismail, S.STP, M.Si NIP. 197609051996021002


Share this Post