Sertijab Kodam III Siliwangi

Sumber Gambar :

Hadiri Serijab Kodam III/Siliwangi, Wagub Andika Harapkan Pilkada Langsung 2020 Berjalan Kondusif

Bandung-Komando Daerah Militer III/Siliwangi secara resmi melepas Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi dan menyambut yang baru dalam acara lepas sambut di Graha Tirta Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (06/11/2019).

Pangdam III/Siliwangi saat ini dijabat oleh Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Nugroho Budi Wiryanto menggantikan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Tri Soewandono. Tri sendiri saat ini merupakan Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam).

Nugroho, sebelum menjabat Pangdam III/Siliwang adalah Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Turut hadir Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Plh Gubernur Jawa BaratUu Ruzhanul Ulum

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat menyampaikan samabutan mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Banten terus berkomitmen melanjutkan kebersamaan dengan semua unsur Forkompimda dalam membangun daerah, termasuk dengan Kodam III/Siliwangi di bawah komando Nugroho.

Wagub Andika juga mengharapkan kerjasama terkait keamanan wilayah Jabar dan Banten menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang.

“Kita ketahui dalam waktu dekat ini kita akan menyelengagrakan pilkada. Kami pemerintah daerah di banten tentunya berharap dapat bersinergi dengan Kodam III/ Siliwangiagar penyelenggaraan Pilkada tersebut bejalan kondusif,” kata Wagub.

 

Menurut Wagub, Provinsi Banten akan menggelar Pilkada Serentak tahun 2020 di empat wilayah, diantaranya Kota Tangsel, Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandgelang.

 

Wagub mengaku, secara khusus Pemda di Banten akan melakukan rapat koordinasi dengan TNI dan Polri untuk membahsa secara spesifik ancaman dan potensigangguan keamanan dalam piladak 2020 nanti.

 

“Sejauh ini kan yang jelas potensi konflik antar pendukung dimungkinkan terjadi dalam beberap atahapan Pilkada. Meski Alhamdulliah untuk banten sebetuknya relatif aman kalau dari pengalaman selam ini,” ungkap Wagub.

Sementara itu, sebagai Pangdam III/Siliwangi yang baru, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meminta kerja sama dengan semua pihak yang ada di Jabar dan Banten demi menciptakan kondisi yang aman dan terkendali.

“Kami datang ke sini tentu masih banyak kekurangan. Kami mohon kerja sama dengan bapak/ibu sekalian baik untuk instansi di luar militer maupun di militer,” kata Nugroho


Share this Post