Wagub membuka Rakor KPA Aids Provinsi Banten 2019, Selasa (12/11/19)

Sumber Gambar :
Pimpin Rakor Anggota KPAI , Wagub Harapkan Program Yang Konkret
Kota Serang,- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memimpin rapat koordinasi Penanggulangan HIV/AIDS Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia (KPAI) Provinsi Banten  Tahun 2019, di Aula Setda Banten, Selasa (12/11/2019). Rakor itu juga dihadiri Sekretaris I KPAI Banten Tabrani, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, lembaga terkait dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).
Wagub menjelaskan, rakor tersebut bertujuan mengoordinasikan program kerja antar pemangku kepentingan terkait penanggulangan HIV/AIDS
“Kita menguatkan fungsi koordinasi baik antar anggota KPAI Provinsi Banten dan seluruh stakeholder yang peduli terhadap pencegahan penyakit menular HIV AIDS ini di Provinsi Banten,” kata Wagub.
Rapat koordinasi tersebut, lanjut Wagub juga membahas berbagai hal mulai dari kendala dan hingga tantangan dalam melakukan penanggulangan HIV/AIDS.
“Tadi kita bahas terkait dengan tupoksi yang ada dari setiap anggota KPAI dari segi teknis perenecanaan program juga dibahas bahkan data dari Kemnekes juga dibahas bagaimana pemda harus dapat memiliki komitmen dalam penekanan atau pengendalian dari virus menular HIV AIDS I,” kata Wagub.
Wagub juga  meminta kepada semuastakeholder khusunya elemen masyarakat untuk memperhatikannya dan menjadi peringatan terkait bahaya penyebran virus ini.
“Bagaimana peran seluruh stakeholder untuk juga peduli terhadap pencegahan penularan HIV AIDS ini sendiri dan kita harus melihat bahwa kesiapan masyarakat menyongsong kemajuan daerahpun juga harus dilengkapi dengan kesiapan permasalahan antisipasi permasalahan sosial yang ada,” tegasnya.
Wagub mengungkapkan, Kasus HIVdibanten dialami oleh penduduk usia produktif dan beredara diwilayah perkotaan bahkan sampai ke pedesaan.
“Peningkatan penularan HIV ini dari kondisional kewilayahan diantaranya perkotaan, bahkan didaerah pun wilayah Kabupaten itu bisa meningkat karena dengan adanya misalnya industri baru, orang-orang disana rata-rata usianya produktif bekerja jadi disitu dapat terlihat bahwa dari kontek usia produktif ini sangat rentan tertular,’’ Wagub.
“Saya berharap program-program yang harus kita laksanakan harus konkret san komperhensif didalam OPD dan anggota KPAI ini yang betul-betul menyentuh terhadap kesiapan masyarakat dalam kaitan tadi sensifitas terhadap pengendalian HIV AIDS,” harap Wagub.

Share this Post